Mengenal Inbound Marketing

Apa itu Inbound Marketing ? , Apa bedanya Inbound dan Outbound Marketing. Kali ini kita akan membahas kedua istilah tersebut.  Keuntungan suatu bisnis bergantung pada kegiatan pemasarannya. Proses pemasaran biasa disebut dengan istilah marketing. Pengertian marketing di dalam masyarakat sering disalah artikan. Marketing sering kali disama artikan dengan sales. Padahal dalam bahasa inggris pun jelas bahwa marketing berarti pemasaran, sedangkan sales berarti penjualan.

Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

Seperti yang disampaikan oleh Syaiful Islam pada Seminar Empowering Bussiness and Technology ITB ASIA(23/11) , seorang pakar dibidang marketing, yakni bisnis intinya ada 2, yaitu Marketing dan Inovasi. Marketing merupakan cara yang dipakai untuk menggaungkan produk yang kita buat, sedangkan inovasi adalah pembeda produk kita dengan produk produsen lain.

WhatsApp Image 2019-11-25 at 21.42.26

Konsep Inbound Marketing berbeda dengan iklan pada umumnya, yakni yang biasanya iklan menampilakan sesuatu yang monoton dan terkesan membosankan. Inbound Marketing tertuju pada cara bagaimana cara iklan yang kita tampilkan tidak dihindari calon konsumen, dengan kata lain, iklan yang kita tampilkan malah dicari oleh calon konsumen kita.

Pengertian Inbound Marketing
Jadi yang dimaksud inbound marketing adalah suatu metode atau cara yang digunakan oleh produsen untuk menarik calon konsumen dengan cara yang unik dan menarik. Dengan cara tersebut, maksud dan tujuan produk yang akan kita pasarkan dapat dinikmati oleh konsumen. Tentunya dengan cara yang tidak biasa serta membosankan yakni dengan cara membawa cerita yang dapat menarik hati konsumen. Dengan cerita yang diangkat pada iklan kita, konsumen akan tetap bertahan untuk memahami maksud dari iklan tersebut. Sehingga cerita dari iklan tersebut dipahami secara tuntas. Inti dari Inbound Marketing adalah menampilkan iklan yang out of the box yang dapat menarik perhatian konsumen, dengan cara tersebut konsumen tidak hanya melihat iklan yang kita tampilkan, akan tetapi mereka mencari iklan kita, melihat dan bahkan membagikan iklan kita tersebut. Dari pemaparan diatas, kita tahu iklan apa saja yang menggunakan teknik inbound marketing.

Sebagai contoh adalah iklan-iklan dibawah ini :
1. Bloopers pada Iklan Shampoo Head & Shoulders Hasil gambar untuk joe taslim head & shoulders"
Kita tentu telah melihat iklan yang tayang pada laman youtube tersebut. Iklan yang menampilkan tentang Shooting Take pada shampoo asal eropa tersebut banyak melakukan kesalahan pada take adegan. Apakah kita berpikir bahwa iklan tersebut cacat?. Kalau dilihat dari konten yang tersaji, tentu saja itu adalah kesalahan. Akan tetapi kesalahan tersebut dibuat dengan pola yang sudah disetting sebagaimana rupa sehingga cacat take tersebut justru menarik calon konsumen. Yap, sebagian besar dari kita justru tertarik pada iklan tersebut dibandingkan versi sempurnanya.

2. Iklan Lucu Menggelitik ala AXIS
Pernahkah Anda melihat iklan Provider seluler AXIS ? , Bagaimana menurut pandangan Anda? . Sebagian besar dari kita menganggap iklan itu lucu, menarik, dan tidak jarang dari kita menganggap iklan tersebut menjijikkan. Tapi itulah tujuan sebenarnya dari pembuat iklan tersebut. Iklan yang disajikan dengan cara yang unik dan menggelitik yang disaksikan secara terus-menerus dapat tertanam pada memori konsumen. Inilah maksud dari produsen provider yang kini merger dengan XL AXIATA tersebut.

Hasil gambar untuk iklan axis"

Dari 2 contoh diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Inbound Marketing adalah cara yang ampuh untuk memasarkan produk yang kita hasilkan. Disamping Inovasi yang tetap kita kembangkan, memasarkan dengan cara yang berbeda sangat diperlukan. Apalagi dengan adanya persaingan Global yang mengharuskan produsen untuk tetap berinovasi agar tetap pada lingkaran persaingan.

Pentingnya Consument Experience 
Dalam dunia Programming, ada istilah UI dan UX. UI kepanjangan dari User Interface atau tampilan aplikasi yang dilihat langsung oleh pengguna. Sedangkan UX adalah User Experince, yakni metode yang digunakan untuk mendapatkan pengalaman pemakaian oleh pengguna agar dapat memakai aplikasi tersebut dengan mudah. Dalam dunia marketing UX juga diterapkan yaotu Consument Experience. Adalah cara-cara  yang digunakan agar konsumen dapat dengan senang hati menggunakan aplikasi secara luas,. Cara tersebut dapat berupa tampilan iklan yang menarik, juga dapat mendapatkan pengalaman baru pada iklan tersebut.

Contoh yang paling umum adalah Market Place yang sekarang tidak hanya sebagai tempat jual beli barang secara online, tetapi juga digunakan sebagai platform pembayaran online (PPOB) yang diantaranya dapat melakukan pembayaran Real Time , sehingga konsumen tidak perlu berganti-ganti apliksa, akan tetapi cukup 1 aplikasi untuk berbagai pembayaran.

This entry was posted in Desain, Hobby. Bookmark the permalink.

Leave a Reply