Digital Marketing Dalam Bisnis Tanaman

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini telah merubah setiap aspek kehidupan manusia. Proses pemenuhan kebutuhan hidup yang serba online, transaksi tukar menukar barang yang cepat dan mudah, serta membanjirnya informasi di situs maupun sosial media menuntut adaptasi yang baik termasuk dalam sektor pertanian dalam memasuki era industry 4.0.

Dunia digital marketing telah merambah kedalam aspek bidang apapun termasuk dalam dunia tanaman. Pada era modern seperti sekarang, menggunakan tanaman hias sebagai pelengkap dekorasi rumah telah menjadi tren yang menjamur.  Tanaman yang memiliki nilai jual rendah dapat disulap menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dengan Digital Marketing. Konsep tersebut dapat sering kita temui pada sosial media instagram. Yakni dengan menggunakan sudut pandang pengambilan gambar yang bagus dan dengan disandingkan dengan pernak-pernik hiasan minimalis, bunga yang semula berharga rendah, dapat berubah menjadi tanaman yang berharga tinggi.

anyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai hiasan, salah satunya tanaman hias daun. Jenis tanaman ini termasuk banyak diminati baik oleh pecinta tanaman ataupun ibu rumah tangga.

Terdapat beberapa alasan mengapa tanaman daun banyak diminati dan sering dijadikan pilihan untuk dijadikan hiasan baik di rumah maupun kantor. Alasan-alasan tersebut diantaranya adalah karena perawatannya yang cukup mudah dan harganya tidak terlalu mahal. Meski perawatannya tergolong mudah, terbukti bahwa merawat tanaman hias daun dapat membuat seseorang senang.

Kelebihan lain yang dimiliki tanaman ini adalah menjadikan ruangan ataupun tempat di sekitarnya nampak segar. Tanaman ini dapat menjadikan orang yang memandangnya merasa rileks, sehingga dapat mengurangi stress.

Tak hanya merilekskan, tanaman ini mampu mengurangi kecemasan dan membantu berpikir kreatif bagi orang di dekatnya. Tak heran, jika kebanyakan perusahaan memilih tanaman ini untuk menghias ruangan mereka. Ada banyak sekali jenis tanaman hias daun yang dapat dijadikan pilihan, diantaranya sebagai berikut :

1. Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Tanaman Hias

Lili paris memiliki warna daun yang sangat cantik. Saat sudah dewasa, tanaman ini akan memunculkan tunas yang panjang yang ujungnya memiliki tunas akar.

Tanaman hias daun yang satu ini dapat ditanam di pot duduk maupun pot gantung. Selain itu, tanaman ini sangat mudah beradaptasi di berbagai tempat, sehingga dapat diletakkan baik di dalam maupun luar ruangan.


2. Gelombang Cinta (Anthurium)

Tanaman Hias

Gelombang cinta sangatlah populer di kalangan pecinta tanaman hias daun. Hal ini tak lain karena kecantikan dan keindahan yang dimilikinya. Sebagaimana namanya yang unik, tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya yang berbentuk lebar sekaligus bergelombang cantik. Tanaman ini sangat cocok untuk memperindah rumah maupun kantor.

  Tanaman Toga


3. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Hias Daun

Tak hanya namanya yang unik, daun yang dimiliki tanaman ini juga sangat unik sehingga menjadi daya tariknya sendiri. Daunnya termasuk tebal serta memiliki ujung yang runcing seperti duri. Tanaman ini mampu beradaptasi di berbagai suhu dan tidak memerlukan banyak air, sehingga cocok diletakkan di dalam ataupun luar ruangan.


4. Suplir (Adiantum)

Tanaman Hias Daun

Daun yang dimiliki suplir berbentuk kecil-kecil yang sangat nampak segar dan cantik. Warna hijau yang sangat indah akan membuat tempat yang diletakkan suplir nampak selalu segar dan sejuk.

Tanaman daun ini bisa diletakkan di tempat yang lembab, teduh, dan berudara bersih. Karena supir termasuk tanaman spora, perawatan dan perbanyakannya pun tergolong mudah.


5. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Tanaman Hias

Salah satu varietas dari tumbuhan genus Caladium adalah keladi red star. daun yang dimiliki tumbuhan ini berbentuk bintang dengan warna merah yang cerah. Untuk mendapatkan warna merah yang sehat, sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Selain itu, tangkai daunnya juga berwarna merah belang yang menambah kecantikan tanaman hias daun satu ini.


6. Kuping Gajah (Anthurium Crystallinum)

Tanaman Hias

Daya pikat utama yang dimiliki kuping gajah terletak pada bentuk daunnya yang unik. Ukuran daunnya pun cukup besar sehingga dapat menjadi tanaman hias yang menarik baik diletakkan sendiri maupun berdampingan dengan tanaman lain.

Kuping gajah tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cahaya matahari berlebih, sehingga sangat cocok diletakkan di beranda atau dalam rumah.


7. Tanduk Rusa (Platycerium)

Tanaman Hias Daun

Meskipun termasuk tanaman epifit atau menumpang pada tanaman lain, tanduk rusa memiliki daya tariknya tersendiri. Mirip dengan namanya, daun yang dimiliki berbentuk seperti tanduk rusa yang sangat cantik. Tanaman hias daun ini sangat cocok ditanam dekat tembok ataupun pohon.

This entry was posted in Hobby. Bookmark the permalink.

Leave a Reply